LISTRIK, KEKALAN ENERGI DAN SPEKRUM CAHAYA




"AI-Qur'an" selalu merujuk kepada (banyak) alam semesta atau 'alamin, di mana sains saat ini baru menghasilkan satu hipotesis dan model tentang multiple universes
 
Seruan Al-Qur'an tentang kebenaran sangat universal- timeless and spaceless dialamatkan kepada seluruh manusia dan golongan jin. Kadang-kadang Al-Qur'an menyebutkan makhluk yang ada di (banyak) bumi dan di (banyak) langit-yang bermakna segenap makhluk yang telah diketahui maupun yang belum diketahui. Barangkali ia adalah satu-satunya kitab suci yang seruannya ditujukan kepada manusia dan makhluk alam gaib (jin).
 
Kritikus Al-Qur'an mengatakan, "Mengapa tidak sekalian saja dialamatkan kepada iblis, atau evil???" 
 
JAWAB : Kritikus itu lupa atau tidak mengetahui bahwa iblis dan setan adalah salah satu ras dari golongan jin. !!!!!
 
Ketika Allah memberikan suatu perumpamaan kepada manusia, tidaklah perumpamaan itu dijadikan Allah sebagai suatu omong kosong belaka. Setiap perumpamaan yang Allah ungkapkan di dalam Al-Qur'an diungkapkan agar manusia mau berpikir. Salah satu perumpamaan yang diungkapkan dalam Al-Qur'an adalah perumpamaan mengenai cahaya Allah. 
 
An-Nur [24] Ayat 35
 
 
 
 
 
 
 
ALLahu NUru As-Samawati Wa Al-'Ardi Mathalu Nurihi Kamishkaatin Fiha Misbahun Al-Misbahu Fi Zujajatin Az-Zujajatu Ka'annaha Kawkabun Durriyun Yuqadu Min Shajaratin Mubarakatin Zaytuniatin La Sharqiyatin Wa La Gharbiyatin Yakadu Zaytuha Yudi'u Wa Law Lam Tamsas/hu Narun Nurun `Ala Nurin Yahdi ALLahu Linurihi Man Yasha'u Wa Yadribu ALLahu Al-'Amthala Lilnnasi Wa Allahu Bikulli Shay'in `Alimun
 
 
Dari Terjemahan umum
 
[[Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis- lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan- perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. 24:35)]]
 
 
Dari Terjemahan Bebas (Sains) An-Nuur [24] Ayat 35 
 
[["Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang (hitam) yang tak tembus (misykat), yang di dalamnya ada pelita besar (quasar). Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca (efek gravitasi lensa dari galaksi) itu seakanakan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan pohon (galaksi yang dicatu oleh lubang hitam) yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon (galaksi) yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat (nya), yang minyaknya (fusi nuklir) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (efek gravitasi lensa), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia,dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."]]
 
 
Surah An-Nuur [24] berarti cahaya, dan ayat 35 dari ayat ini membicarakan mengenai cahaya Allah.
 
Ketika Allah mengumpamakan sesuatu, sebagaimana layaknya perumpamaan, Allah mengambil contoh sesuatu yang dapat diketahui oleh manusia. "Cahaya" Allah jauh lebih hebat dari pada itu, tetapi dalam menjelaskannya kepada manusia, Allah menerangkan sesuatu yang dapat diketahui manusia. "Dapat diketahui" disini adalah tetap dapat dimengerti oleh orang-orang pada masa ayat tersebut diturunkan dan memiliki maksud tersirat yang tetap "dapat" dibuktikan oleh orang-orang di masa yang akan datangnya.

Dalam usaha untuk menangkap maksud tersirat dari suatu ayat Allah dalam "Al-Qur'an", selalu kita lihat dalam redaksi aslinya. Mungkin ada sebagian orang yang mengatakan "Al-Qur'an tidak mengikuti tata bahasa Arab". Tetapi tentu saja "Al-Qur'an" tidak terikat kepada tata-bahasa/grammar. Kata-kata Allah lebih tinggi maknanya dari sekedar mengikuti tata bahasa, dan setiap kalimat yang dikatakan oleh beberapa golongan "tdak mengikuti tata bahasa", selalu ada maksud yang tersirat di baliknya. Tata-bahasa adalah rumus yang di definisikan oleh manusia. Orang-orang arab pada zaman nabi pun, baik yang muslim maupun yang kafir, mengakui ketinggian bahasa Al-Qur'an. Sebagian menganggapnya lebih indah daripada puisi manapun, yang mana kita ketahui puisi sendiri sering tidak terikat pada tata bahasa.

Dalam kaitannya dengan surah An-Nuur [24] ayat 35 di atas, secara tersirat menyebutkan apa yang telah ditemukan oleh ilmu pengetahuan modern saat ini sebagai :
  • Listrik
  • Kekekalan energi
  • Spektrum cahaya
 
Sebelum membicarakan lebih lanjut mengenai ketiga hal diatas, kita lihat terlebih dahulu terjemahan kata per kata dari surah An-Nuur [24] ayat 35 ini yang akan digunakan seterusnya dalam pembahasan ini, yaitu sebagai berikut : 
 
"Allah cahaya langit dan bumi; perumpamaan cahaya-Nya seperti sebuah ceruk yang tak bercelah, di dalamnya ada pelita; pelita itu di dalam kaca; kaca itu seakan-akan bintang yang cemerlang; dinyalakan dari pohon yang diberkati - zaitun; tidak timur dan tidak barat; yang hampir-hampir minyaknya memendarkan sinar (terang) walaupun tidak disentuh api; cahaya diatas cahaya; Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki; dan Allah jadikan perumpamaan bagi manusia; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu"
----
 
 
BAGIAN PERTAMA : LISTRIK DAN HUKUM KEKALAN ENERGI

Perhatikan potongan surah An-Nuur [24] berikut :
 
[24:35]  ... perumpamaan cahaya-Nya seperti sebuah ceruk yang tak bercelah, di dalamnya ada pelita; pelita itu di dalam kaca; kaca itu seakan-akan bintang yang cemerlang; (pelita itu seperti) dinyalakan dari pohon yang diberkati - zaitun; tidak timur dan tidak barat; yang hampir-hampir minyaknya memendarkan sinar (terang) walaupun tidak disentuh api ...

Allah mengumpamakan "cahaya"-Nya sebagai sesuatu yang tidak sama dengan cahaya yang diketahui pada masa ayat ini diturunkan. Digambarkan bahwa cahayanya ini seperti suatu ceruk (lubang/cekungan) yang tak tembus (kamisykaatin) yang di dalamnya ada pelita/lampu di mana pelita ini berada di dalam suatu kaca (zujaajatin) (yang mengindikasikan ceruk itu terbuat dari kaca, terlebih lagi kamisykaatin dan zujaajatin [merupakan bentuk feminin], sedangkan pelita (mishbaahun) merupakan bentuk maskulin) , yang mengakibatkan kaca ini terlihat seperti bintang yang terang dilangit malam. Pelita itu sendiri digambarkan seperti dinyalakan oleh minyak yang berasal dari pohon yang diberkati, yaitu pohon-zaitun, dimana minyaknya mampu menerangi walaupun tidak tersentuh api.
 
Mufasir modern, seperti "Malik Ben Nabi", menjelaskan bahwa misykat adalah lampu bohlam:
Pohon yang dimaksud adalah kawat-wolfram yang berpijar karena efek listrik tanpa disentuh api, dibungkus gelas kaca, untuk memantulkan seluruh sinarnya ke segala arah sehingga dapat menerangi seluruh ruangan. Lampu bohlam adalah sekat yang tak dapat ditembus, karena hampa udara, tidak ada oksigen di sana. 
 
Apa yang terpikir oleh kita, di masa sekarang, jika mendengar suatu lubang, cekungan, ceruk terbuat dari kaca yang tak memiliki celah yang didalamnya terdapat cahaya dimana cahaya itu dinyalakan tidak menggunakan api sebagaimana lampu-lampu lentera yang digunakan di jaman dulu. Dan terangnya cahaya itu membuat "sang kaca" seperti bintang yang cemerlang? Tentu saja jawabannya adalah salah satu penemuan terbesar sepanjang sejarah manusia, yaitu penemuan lampu listrik. 
 
Abad 19 merupakan abad dimana ilmu pengetahuan mengenai kelistrikan berkembang pesat. Dimulai dengan penemuan baterai oleh Alessandro Volta, sampai akhirnya penemuan bola lampu (lightbulb) listrik pertama oleh Thomas Alfa Edison . Bola lampu ini berpijar dengan memanaskan lempengan filamen dengan suhu yang tinggi dengan akhirnya bercahaya. Pemanasan ini dilakukan dengan menggunakan arus listrik melalui kabel yang dihubungkan dengan lampu tersebut. 
 
 
Lampu tersebut tidak menggunakan minyak dan api, tetapi menggunakan filamen dan listrik sebagai pengganti minyak dan api, dimana filamen tersebut jika dialiri listrik mampu berpendar dan bercahaya. Listrik ini sendiri terbentuk dengan sumber lain yaitu baterai atau pun sumber listrik lainnya. Terkait hal ini di katakan pula dalam ayat tersebut :
 
[24:35] ... (pelita itu seperti) dinyalakan dari pohon yang diberkati - zaitun; tidak timur dan tidak barat; yang hampir-hampir minyaknya memendarkan sinar (terang) walaupun tidak disentuh api ...

 
Dikatakan bahwa pelita itu seperti dinyalakan dari minyak yang berasal dari pohon zaitun yang khusus. Mengapa Allah mengumpamakan dengan pohon zaitun? Karena di zaman dulu, terutama di daerah arab dan mediterania, minyak zaitun digunakan sebagai bahan-bakar untuk lampu. Tetapi lebih lanjut Allah menyatakan bahwa pohon zaitun ini, sebagai sumber penghasil "minyak", bukan pohon zaitun biasa, akan tetapi pohon khusus yang mampu menghasilkan minyak yang mempu menerangi tanpa adanya api.
 
Seperti halnya kilat, lonjakan listrik sendiri mampu memberikan cahaya yang terang, akan tetapi tidak lama. Untuk membuat listrik itu memberikan penerangan yang lama, dibutuhkan media lain yaitu filamen, dimana listrik disini berfungsi untuk memanaskan filamen sehingga akhirnya filamen berpendar. "Sang pelita" lebih lanjut di katakan sebagai "laa syarqiyyatin walaa gharbiyyatin [tidak timur dan tidak barat]'. Sebagian tafsir mengatakan bahwa "laa syarqiyyatin walaa gharbiyyatin" =====> mengindikasikan bahwa pohon zaitun disini adalah pohon yang tidak biasa, pohon khusus yang tidak tumbuh di timur maupun di barat.
 
Hal ini mengindikasikan bahwa pohon tersebut bukanlah pohon zaitun secara fisik, akan tetapi sebagai suatu bentuk sumber energi yang nantinya akan menghasilnya "minyak" yang merupakan simbolisasi dari energi itu sendiri. Listrik sendiri, yang merupakan bentuk energi yang mengalir dari dari "kutub-positif" ke "kutub-negatif", sering di asosiasikan juga dengan magnet yang memiliki kutub utara dan selatan. Bukan timur dan bukan barat. Dan energi listrik hampir-hampir menerangi, sebagaimana halnya "kilat" (lightning), dan akan terus menerangi jika disalurkan ke dalam media lain yaitu filamen yang akan berpendar jika dipanaskan dengan energi listrik yang berubah menjadi energi-panas, yang disimbolkan dalam ayat ini dengan "minyak", menggunakan istilah metafora yang mampu diterima pada masa ketika ayat ini diturunkan dan tidak bertentangan dengan ilmu pengetahuan yang akan membuktikannya di masa kemudian.
 
Lebih jauh perlu di perhatikan juga bahwa "laa syarqiyyatin walaa gharbiyyatin" juga dapat di artikan sebagai "tidak memiliki tempat terbit dan tidak memiliki tempat tenggelam" dalam kaitannya dengan "sang pelita". Ayat ini memberitahukan kita "sang pohon zaitun " sebagai sumber minyak (baca: sumber-energi) menghasilkan "sesuatu" yang mempu memberikan cahaya, akan tetapi "sesuatu" itu tidak lah terbit maupun terbenam. Tentu saja, listrik sebagai suatu bentuk energi sebagaimana yang diterangkan dalam hukum kekekalan energi, tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, hanya dapat di ubah dari dan ke bentuk energi yang lain. Dalam kaitannya dengan lampu, listrik berubah menjadi energi panas sehingga mampu memanaskan filamen yang mengubah energi panas menjadi energi cahaya.
 
Menurut teori "relativitas umum ", kekekalan energi ini bersifat relatif dan sebetulnya tidak bersifat kekal karena adanya lekukan umum waktu-ruang "manifold" yang tidak memiliki simetri untuk translasi atau rotasi. Dari sudut pandang agama, tentu saja semua bentuk energi awalnya diciptakan oleh Allah dan dapat dimusnahkan jika Allah berkehendak. Itu lah sebabnya dalam mengindikasikan energi yang dihasilkan oleh "sang-sumber energi" atau "pohon zaitun khusus" ini menggunakan istilah "laa syarqiyyatin walaa gharbiyyatin", yang berarti pada awalnya di ciptakan, dan suatu saat dapat dimusnahkan, akan tetapi dalam proses ditengah-tengah-nya tidak dapat di terbitkan (baca: diciptakan) dan ditenggelamkan (baca: dimusnahkan) oleh manusia, tetapi dapat di ubah dari dan ke bentuk energi lain, wallahu a'lam
Dengan beberapa pengecualian mereka akan menjelaskan bahwa "misykat", atau suatu lubang yang tidak dapat ditembus, adalah lubang di rumah-rumah untuk tempat lampu obor, yang ada di dinding rumah. Sedangkan pohon (zaitun) yang dimaksud adalah pohon (zaitun) yang tumbuh di bukit-bukit, sehingga sinar matahari dapat menyinari, baik pada saat matahari terbit maupun matahari terbenam.
---------
 
 
BAGIAN KEDUA : DALAM STUDI ASTROFISIKA
 
Dalam studi yang lebih mendalam tentang cahaya di langit oleh para astrofisikawan, misalnya Mohamed Asadi dalam bukunya The Grand Unifying Theory of Everything, perumpamaan ayat tersebut lebih mendekati kepada fenomena quasar dan gravitasi efek lensa yang menghasilkan cahaya di atas cahaya. Quasar atau Quasi Stellar adalah objek di langit yang ditemukan pertama kalinya pada tahun 1963. Mereka mewakili objek yang paling terang di alam semesta, jauh lebih terang dari cahaya matahari atau bintang. Para astronom menemukan bahwa objek "seperti bintang' ini terletak miliaran tahun cahaya dari bumi. Objek ini tentunya mempunyai energi yang besarnya sangat luar biasa supaya tetap terlihat dari sini. Energi mereka berasal dari "pusat lubang hitam yang sangat masif". Karakter pertama dari ayat ini yaitu misykat adalah "lubang hitam", sedangkan karakter kedua yaitu "pelita dalam kaca" adalah galaksi yang menghasilkan efek gravitasi lensa seperti quasar (pelita) yang terbungkus oleh kaca (gelas). Coba simak keterangan quasar oleh astronom NASA [ http://antwrp.gsfc.nasa.gov/apod/ap950711.html ]
 
"Efek gravitasi pada galaksi, quasar yang jauh, serupa dengan efek lensa sebuah gelas minum yang memantulkan sinar lampu jalan yang menciptakan berbagai image (lapisan cahaya atas cahaya).
 
Energi quasar  yang berasal (dicatu) dari lubang hitam, terjadi ketika "bintang-bintang dan gas" dari galaksi terhisap di dalamnya. Karakter lainnya yang disebut "pohon" oleh "Al-Qur'an" adalah sebutan yang tidak lazim oleh para astronom yang menggambarkan galaksi sebagai "pohon-pohon" yang terdiri dari bintang-bintang.  (Lihat saja istilah diagram HertzprungRussel, dalam buku Timothy Ferris, The Whole Shebang, 1997 ).
 


Karakter lainnya yang menarik dari ayat di atas adalah pernyataan
 
[24:35] ... "diterangi tanpa tersentuh oleh api"......
 

 
suatu fenomena fusi nuklir yang menghasilkan cahaya yang sangat terang, di mana di ruang angkasa nyaris tidak ada oksigen untuk pembakaran. Bintang-bintang memulai hidupnya dengan unsur kimia yang paling ringan, yakni "hidrogen". Gas berkontraksi, karena "gravitasi", memanas; "atom-hidrogen" bertumbukan dan membentuk helium, unsur yang lebih berat, ketika mengeluarkan energinya. Energi inilah yang membuat objek "bintang- bintang" bersinar tanpa "disentuh api', energi ini juga yang memelihara keseimbangan posisi bintang-bintang di alam semesta. Sepanjang pengetahuan manusia yang ada sekarang, "fenomena-quasar" inilah yang paling tepat untuk menggambarkan ayat di atas. Terlebih lagi perumpamaan dalam ayat tersebut:
 
[24:35] ..."seakan-akan bintang yang bercahaya seperti mutiara"......

 
Bahkan aslinya lebih terang dari sinar bintang, dan memang seperti "mutiara" bila kita lihat dari foto-foto NASA yang ada, gemerlapan, sangat menawan. (CONTOH Gambar Galaxi Bima sakti)
 
 
 ---------
 
 
BAGIAN KETIGA : SPEKTRUM CAHAYA
 
[24:35] ...cahaya diatas cahaya (nuruun ala' nuurin)...

"nuruun ala' nuurin" menggambarkan bahwa cahaya itu memiliki lapisan. Sebagaimana Allah menggambarkan bahwa langit itu berlapis-lapis dengan istilah "Dialah yang menjadikan tujuh langit, satu diatas yang lain" pada surah Al- Mulk [67] ayat 3, atau ketika Allah menggunakan ekspresi dan gaya bahasa yang sama ketika mengatakan kemurkaan yang berlapis di surah :
 
Al-Baqarah [2] ayat 90 :
 
[2:90] "... Karena itu mereka mendapat kemurkaan diatas kemurkaan (kemurkaan yang berlapis) ..."

 
atau pada Ali-Imran [3] ayat 153 :
 
[3:153]... karena itu Allah menimpakan atas kamu kesedihan atas kesedihan (kesedihan yang berlapis) ...


Maka di surah An-Nuur(24) ayat 35 ini juga menerangkan bahwa pada dasarnya cahaya itu berlapis-lapis.
 
Ilmu pengetahuan saat ini menyatakan bahwa cahaya itu terdiri dari beberapa lapisan spektrum. Cahaya itu sendiri merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik dimana apa yang kita sebut sebagai "cahaya" adalah spektrum elektromagnetik yang dapat terlihat oleh manusia (visible spectrume). Spektrum elektromagnetik ini dibagi berdasarkan panjang gelombang dan frekuensinya, dimana yang diketahui manusia saat ini adalah mulai dari sinar-gamma sampai dengan gelombang-radio. Lapisan-lapisan cahaya atau dapat dilihat pada gambar dibawah.
 

Sesuatu yang baru dapat diketahui dan dibuktikan saat ini akan tetapi telah disebutkan di dalam Al-Qur'an 15 abad yang lalu. Lebih lanjut Al-Qur'an menyebutkan mengenai zat pembentuk Jin sebagai berikut :
 
Al-Hijr [15] Ayat 27
 
 
 
 
Wa Al-Janna Khalaqnahu Min Qablu Min Nari As-Samumi
 [[Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari Api yang sangat panas. (QS. 15:27)]]
 
 
Ar-Rahman [55] Ayat 15
 
 
 
 
Wa Khalaqa Al-Janna Min Marijin Min Narin
[[Dia menciptakan jin dari  nyala api. (QS. 55:15)]]
 
 
"Naari as-samuum" artinya ["api yang juga memiliki sifat angin". "samuum"] berdasarkan Arabic-English Lane's Lexicon dikatakan bahwa umumnya diartikan sebagai angin. Di beberapa terjemahan Qur'an dalam bahasa inggris dikatakan "samuum" sebagai angin yang berputar atau angin yang merusak.
 
·         Terjemahan sahih international
[15:27] : And the jinn We created before from scorching fire.
 
·         Terjemahan Yusuf Ali
[15:27] : And the Jinn race, We had created before, from the fire of a scorching wind.
 
·         Terjemahan Dr.Ghalii
[15:27] : And the jinn race We created earlier of the fire (The Arabic word samum is sometimes understood to be pestilential wind) of a pestilential (fire)
 
 
Sedangkan "maarijin" secara literal berarti ["api yang tidak berasap"]. Jadi kedua ayat tersebut di atas menjelaskan bahwa jin diciptakan dari api yang juga memiliki sifat seperti angin dan tidak berasap. Apakah sifat angin itu ? Jika api memiliki energi cahaya dan energi panas, maka angin memiliki energi kinetik, yaitu : memiliki sifat bergerak dan mempunyai kecepatan.

Saat ini diketahui bahwa sinar radiasi yang paling merusak yang pernah ditemukan manusia adalah sinar gamma (gamma ray), sebagaimana spektrum radioaktif lainnya, sinar-gamma bersifat panas dan membakar . Dengan nilai frekuensi yang tinggi (seperti yang terlihat pada gambar di atas), yang berarti memiliki lebih banyak energi, sinar gamma bersifat paling merusak daripada yang lain. Selain itu karena memiliki panjang gelombang yang sangat pendek, sinar gamma hampir tidak dapat terbendung. Jika partikel alpha dan partikel beta hanya menyebabkan kerusakan/luka bakar pada lapisan kulit, maka partikel gamma dalam sinar gamma , dikarenakan ukurannya yang kecil, mampu menembus kulit dan merusak organ-organ dalam manusia tanpa disadari oleh manusia itu sendiri. Radiasi sinar gamma ini umumnya dihasilkan dari proses reaksi fusi-nuklir.
 
Dengan sifat yang membakar dan sangat merusak, merambat, bergerak dan memiliki energi sebagaimana layaknya angin, menjadikan "sinar-gamma" sebagai ["api yang tidak berasap dan bersifat angin"]. Jika membakar adalah sifat api (energi panas), maka sifat angin yang dimiliki oleh "sinar-gamma" disini adalah memiliki energi yang bergerak (energi kinetik, energy in motion), wallahu a'lam.
 
Dikatakan dalam website NASA  bahwa "Hanya object yang sangat panas sekali atau partikel yang bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dapat menghasilkan radiasi berenergi tinggi seperti sinar-X dan "sinar-gamma".
 
Jika benar jin itu dijadikan dari "api yang tak berasap" seperti "sinar-gamma" (gamma ray), apakah ini menjadikan "jin" itu kebal terhadap radiasi "sinar-gamma"? Ataukah mengakibatkan "jin" itu mampu dideteksi manusia sebagaimana manusia mendeteksi "sinar-gamma"? Menjawab pertanyaan ini, kita kembalikan kepada penciptaan manusia. Sebagaimana adam diciptakan dari tanah, pada dasarnya manusia itu berasal dari tanah. Apakah manusia bersifat seperti tanah ? Apakah manusia bisa diperlakukan sebagaimana kita memperlakukan tanah ? Apakah manusia tidak merasa sakit apabila dilempar dengan tanah atau lumpur, apalagi dalam jumlah yang besar ? Dari tanah, cahaya dan api, Allah menciptakan makhluk yang lain dan berbeda dari sifat bahan pembentuknya .
 
Catatan :
Mengapa Al-Qur'an tidak mengatakan saja dengan jelas mengenai listrik, energi, spektrum cahaya dan sinar gamma? sekali lagi pertanyaan ini dikembalikan apakah orang-orang pada masa nabi Muhammad SAW pada saat Al-Qur'an diturunkan, orang-orang sudah mengetahui atau mendengar mengenai listrik, istilah energi, spektrum, maupun keberadaan snar gamma ? Sebagai wahyu Allah, Al-Qur'an menggunakan gaya bahasa yang tetap dapat dimengerti oleh orang-orang pada masa Al-Qur'an ini diturunkan dan tetap mampu selaras dengan apa yang ditemukan oleh manusia di masa yang akan datang.
-----------

 
BAGIAN KEEMPAT : KEBERKAHAN ZAITUN
 
Sebagai penutup, mari kita lihat kembali potongan surah An-nuur [24] ayat 35 berikut :
 
[24:35] ... yang dinyalakan dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun ...

Ilmu pengetahuan saat ini telah dapat membuktikan mengenai khasiat dari pohon zaitun ini. Jika sedari dahulu buah zaitun (olive) dan "minyak-zaitun" (olive oil) banyak dikonsumsi sebagai makanan, obat dan bahan bakar untuk lampu, maka "keberkahan" pohon zaitun itu dibuktikan dengan penelitian yang ada di masa ini.
 
Sebagian besar asam-lemak yang dimiliki oleh buah zaitun dan "minyak-zaitun" tergolong tipe mono-unsaturated, dimana asam-lemak golongan ini tidak mengandung kolesterol. Dengan kata lain, buah zaitun dan minyak-zaitun tidak meningkatkan kadar kolesterol akan tetapi menjaga kadar kolesterol Dalam tubuh, sehingga minyak zaitun ini sangat bagik digunakan dalam memasak.
 
Kegunaan lain dari minyak zaitun ini antara lain adalah pencegah kanker, mencegah radang sendi, membantu pertumbuhan tulang, mencegah penuaan, berperan baik dalam pengembangan otak anak, mengatur tekanan darah, dan mampu mencegah berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan organ dalam tubuh. Dengan banyaknya manfaat dari buah dan minyak zaitun ini, yang dibuktikan secara klinis dan eksperimen di masa sekarang, menjadikan pohon zaitun "pantas" dikatakan sebagai "pohon yang diberkahi".
 
-Wallahu a'lam-
 

1 komentar:

  1. Terima kasih ilmunya kak, ini sangat bermanfaat bagi saya dan semuanya untuk menambah wawasan🙂

    BalasHapus