TAHUN KELAHIRAN YESUS BUKAN TAHUN 1 MASEHI


LUKAS

Lukas 1:34-36  Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?" Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.
 
Lukas 3:23  Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli,
Jadi Umur Yohanes dan Yesus berselisih 6 bulan. Ketika Yohanes membaptis Yesus, dan Yesus memulai pengajarannya, umur Yesus adalah 30 tahun. semua itu terjadi ketika dalam pemerintahan Tiberius.

Lukas 3:1 Dalam tahun kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius , ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene.
 
Menurut Wikipedia : Tiberius (Tiberius Julius Caesar Augustus; 16 November 42 BC 16 March 37 AD), was Roman Emperor from 14 AD to 37 AD

-Naik tahta menjadi kaisar Romawi : 14 M.

Jadi, 15 tahun masa pemerintahan Kaisar Tiberius adalah terjadi pada tahun 29 M. Sehingga pada tahun 29 M Yohanes Mulai berdakwah dan membaptis. Saat itu umur Yesus 30 tahun. Jadi kapan Yesus dilahirkan?

Kaisar Tiberius 15 tahun memerintah ==> 29 M
Yohanes berdakwah & membaptis ==> 29 M saat Yesus berumur 30 tahun
JADI Yohanes lahir Tahun 1 Sebelum Masehi (1 SM), dan Yesus lahir Tahun 1 bulan 6 Sebelum Masehi (1,6 SM) 6 bulan sebelum Yohanes ==>selama ini umat Kristen menganggap Yesus lahir 1 M?.

MATIUS
Matius 2:1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem

Menurut wikipedia : Disini, berdasar karya Emil Schurer (1896) para ahli sepakat mengatakan bahwa Herodes mati di abad 4 SM, meski di abad 20 ini ada yang menentang dan mengatakan tahun kematian adalah 1 SM. Tetapi bukti kuat adalah 4 SM dimana kerajaannya dibagi untuk anak-anaknya saat itu. Josephus mengatakan Herodes mati setelah Gerhana Bulan. Sebuah Gerhana Parsial terjadi tanggal 13 Maret 4 SM (29 hari sebelum Paskah), meski 2 Gerhana lain juga pernah terjadi.
 
ARTIKEL TERKAIT :
MISTERI TANGGAL 25 DESEMBER (Baca)    


0 komentar "TAHUN KELAHIRAN YESUS BUKAN TAHUN 1 MASEHI ", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar